Rabu, 26 Januari 2011

Plaza Depok dan Mall Cimanggis

Analisis Bangunan dengan Metode Tipikal
(Plaza Depok dan Mall Cimanggis)

Plaza Depok dan Mall Cimanggis merupakan salah satu dari beberapa pusat perbelanjaan yang ada di kota Depok. Kedua pusat perbelanjaan ini termasuk mall-mall pertama yang berdiri di Depok. Plaza Depok berada di Jl. Margonda Raya, sedangkan Mall Cimanggis berada di Jl. Raya Bogor. Dari segi letak mungkin Plaza Depok jauh lebih strategis bila dibandingkan dengan Mall Cimanggis, tetapi lokasi Mall Cimanggis sendiri berada jauh dari pusat perbelanjaan lain di depok sehingga tidak terlalu banyak saingan disekitarnya.


Gambar 1.  Plaza Depok dan Mall Cimanggis
( sumber : www.google.com  )


FUNCTION (FUNGSI)
Baik Plaza Depok maupun Mall Cimanggis, keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai pusat perbelanjaan, sehingga aktivitas didalamnya juga tergolong sama. Kebutuhan akan ruang-ruangnya pun menggunakan standar kebutuhan ruang-ruang yang diperuntukkan bagi bangunan komersial pusat perbelanjaan.

FORM (BENTUK)
Jika dilihat dari fasade bangunannya, antara Plaza Depok dan Mall Cimanggis memiliki fasade yang serupa (hampir sama / tipikal). Warna yang digunakan pada fasadenya pun menggunakan warna-warna yang hampir sama. Fasadenya sama-sama terkesan monoton bila dibandingkan dengan beberapa pusat perbelanjaan lainnya di kota Depok.


Gambar 2. Mall lain di Depok (Margo City dan Depok Town Square)
STRUKTURAL (STRUKTUR)
Baik Plaza Depok maupun Mall Cimanggis, keduanya memiliki sistem struktur yang sama, yaitu memiliki dua kolom besar pada bagian tengahnya yang membagi bangunan menjadi tiga bagian.

KESIMPULAN :
Dari hasil analisis dengan metode tipikal yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa antara Plaza Depok dengan Mall Cimanggis memiliki fasade, fungsi, dan sistem struktur yang serupa atau sama. Bentuk bangunannya sangat mencerminkan bentukan-bentukan awal pusat perbelanjaan yang berdiri di Depok, sehingga sangat berbeda jika dibandingkan dengan bentukan-bentukan pusat-pusat perbelanjaan setelahnya (yang baru dibangun).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar