Sabtu, 16 April 2011

ASTANA GIRI BANGUN



Gambar 1. Gerbang Masuk
(sumber : Dokumentasi Pribadi)

Astana Giri Bangun adalah sebuah kompleks pemakaman bagi keluarga mantan Presiden Republik Indonesia ke-2, Soeharto. Lokasinya berada di sebelah timur kota Surakarta, tepatnya di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Makam ini dibangun di atas sebuah bukit yang berada dekat dengan makam Pangeran Sambernyawa atau Mangkunegara yaitu Astana Mangadeg. Selain bangunan untuk pemakaman, pada Astana Giri Bangun ini juga terdapat bangunan-bangunan pendukung lainnya. Di antaranya adalah masjid, rumah tempat peristirahatan bagi keluarga Soeharto jika berziarah, kamar mandi, gapura utama, dua tempat tunggu atau tempat istirahat bagi para peziarah, rumah jaga dan tempat parkir yang sangat luas. Di area ini juga terdapat kios-kios pedagang yang berjualan suvenir maupun makanan untuk melayani peziarah dan wisatawan.


Gambar 2. Gerbang Bangunan Utama
(sumber : Dokumentasi Pribadi)

Bangunan utama kompleks makam ini berbentuk joglo layaknya bangunan tradisional Jawa. Untuk sampai di bangunan utama makam, kita harus melalui beberapa undakan anak tangga. Memasuki bangunan utama makam, kita akan dihadapkan pada pintu masuk dengan ukiran-ukiran. Dinding-dinding kayunya juga dihiasi ukiran-ukiran yang sangat detail dan rumit.  Kolom-kolom (pilar-pilar) berdiri dengan kokoh dan rapi menghiasi interiornya.




Gambar 3. Interior Bangunan Utama
(sumber : Dokumentasi Pribadi)

Desain bangunan utama kompleks makam ini memang terlihat sangat megah layaknya rumah bangsawan Jawa. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat kompleks makam ini diperuntukan bagi keluarga besar mantan orang nomor satu di Indonesia.

1 komentar:

  1. keren..
    ditunggu kunjungan baliknya di www.yanaginews.blogspot.com

    BalasHapus