Rabu, 27 April 2011

BATIK SOLO TRANS

Gambar 1. Halte Batik Solo Trans
(sumber : Dokumentasi Pribadi)


Batik Solo Trans merupakan sarana transportasi baru di kota Solo. Transportasi ini kini sudah mulai beroperasi. Batik Solo Trans ini berfungsi sama seperti busway di Jakarta. Namun yang membedakan adalah ukuran bus nya yang lebih kecil dan bentuk haltenya yang juga lebih kecil jika dibandingkan dengan halte busway di Jakarta.



Gambar 2. Perbedaan Batik Solo Trans dan Busway
( sumber : www.google.com )

Halte Batik Solo Trans memang terlihat lebih sederhana jika dibandingkan dengan halte busway di Jakarta. Halte Batik Solo Trans terdiri dari perpaduan antara unsur modern dan tradisional yang sangat tampak pada bangunannya. Haltenya didominasi warna merah dan material kaca serta dihiasi pola-pola batik pada bagian bawahnya. Atapnya juga menggunakan jenis atap yang sering digunakan pada rumah-rumah tradisional Jawa. Berbeda halnya dengan halte busway di Jakarta. Halte busway di Jakarta sangat terlihat style minimalisnya. Didominasi oleh kaca dan menggunakan atap datar. Dari segi ukuran halte busway jauh lebih besar, mungkin hal ini dikarenakan oleh jumlah calon penumpang busway yang jauh lebih banyak daripada calon penumpang Batik Solo Trans.

Gambar 3. Halte Batik Solo Trans dan Busway
( sumber : www.google.com )


Baik Batik Solo Trans maupun Busway keduanya merupakan sarana transportasi yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam beraktivitas dalam kesehariannya. Kedua fasilitas umum ini harus kita jaga, jangan mencorat-coret apalagi merusaknya.





1 komentar: