Sabtu, 16 April 2011

Perpustakaan Baru UI



Gambar 1. Perpustakaan Baru UI
(sumber : Dokumentasi Pribadi)

Siapa yang tak kenal dengan Universitas Indonesia. Saat ini, di dalam kompleks salah satu Universitas terkemuka di Indonesia ini tengah dibangun bangunan baru yang akan difungsikan sebagai bangunan perpustakaan. Bangunan perpustakaan dengan bentuk modern dan megah ini kini sudah terbangun dan sedang dalam proses finishing akhir. Pembangunan perpustakaan ini menambah lagi perbendaharaan bangunan-bangunan dengan bentukan-bentukan modern di kompleks Universitas Indonesia ini. Perpustakaan baru UI yang akan menjadi perpustakaan semua fakultas yang ada di UI ini berada tepat ditepi danau UI. Posisinya terbilang sangat pas karena menyuguhkan nuansa tersendiri jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Bangunan perpustakaan ini juga mengaplikasikan taman atap atau roof garden pada atap bangunannya, sehingga memperlihatkan bahwa bangunan ini mendukung program penghijauan kembali bumi.
Apabila dipandang sekilas, bangunan perpustakaan ini sangat “good looking” dari segi bentuk dan posisinya. Namun, apabila diperhatikan lebih seksama dengan lingkungan di sekitarnya, bangunan perpustakaan ini terkesan menjadi tidak menyatu dengan bangunan-bangunan yang berada di sekitarnya atau terlihat sangat kontras dengan lingkungannya.


Gambar 2. Perpustakaan baru bersebelahan dengan masjid UI
(sumber : Dokumentasi Pribadi)

Bangunan perpustakaan modern ini berada bersebelahan dengan masjid UI yang bentuknya sangat jauh dari kesan modern. Mayoritas bangunan-bangunan di Universitas Indonesia memang dapat dikatakan memiliki ciri khas yang terkenal dengan bata merah eksposnya. Hal ini menjadikan suatu karakter tersendiri dari bangunan-bangunan yang berada di dalam kawasan Universitas ini. Namun hal ini tidak terlihat pada bangunan perpustakaan baru ini, karena bentukannya sangat berbeda 180 derajat dari bangunan-bangunan yang umumnya berada di Universitas Indonesia. Dengan dibangunnya bangunan perpustakaan ini, maka menimbulkan keragaman baru bagi bangunan-bangunan yang berada di kawasan Universitas Indonesia. Karena bangunan perpustakaan ini telah menampilkan wajah baru dalam kompleks Universitas terkemuka di Indonesia ini.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar