Sabtu, 30 April 2011

PERKEMBANGAN JAKARTA


Jakarta merupakan Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Jakarta telah mengalami perkembangan yang pesat jika dibandingkan pada saat  jaman penjajahan Belanda dahulu. Kota Jakarta kini telah mengalami modernisasi disegala bidang. Yang paling terlihat adalah modernisasi dibidang pembangunan kotanya. Bangunan-bangunan yang berada di Ibu Kota kini telah mengikuti perkembangan jaman. Bangunan-bangunan bertingkat tinggi kini telah menghujani  kota yang dijuluki kota metropolitan ini. 

Gambar 1. Bangunan-bangunan yang ada di kota Jakarta
(sumber : www.google.com)

Di tengah maraknya pembangunan bangunan-bangunan modern di kota Jakarta, yang kini sedang heboh dipublikasikan adalah pembangunan gedung baru DPR yang tergolong kontroversial dipemberitaan lokal.

Gambar 2. Gedung Baru DPR
( sumber : www.google.com )

Di  tengah hingar-bingar kontroversi tentang gedung baru DPR yang bentuknya sangat modern tersebut, kita masih tetap dapat menikmati suasana Jakarta tempo dulu. Dimana lagi kalau bukan di kawasan Kota Tua Jakarta. Kawasan ini memang terkenal dengan bangunan-bangunan lamanya yang bernilai sejarah tinggi. Semua bangunannya akan mengingatkan kita pada masa-masa penjajahan Belanda di Indonesia karena memang bentukan-bentukan bangunan di kawasan ini sangat berkesan bangunan kolonialnya. Akan tetapi sangat disayangkan bahwa keindahan bangunan-bangunan tua ini lagi-lagi terganggu oleh minimnya kesadaran masyarakat atau pengunjung untuk menjaga kebersihan sekitar. 

Gambar 3. Bangunan-bangunan yang ada di kawasan Kota Tua Jakarta
(sumber : Dokumentasi Pribadi)

Kini kota Jakarta semakin berkembang dan akan semakin berkembang seiring dengan perkembangan jaman. Gedung-gedung baru boleh saja terus bermunculan di kota Jakarta ini, tetapi kita tidak boleh melupakan bangunan-bangunan tua bernilai sejarah yang ada di kota ini. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus terus menjaga warisan sejarah yang sangat bermakna bagi perjalanan kota Jakarta pada khususnya dan bagi Negara Indonesia pada umumnya.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar