Sabtu, 30 April 2011

BELAJAR FENG SHUI (PENEMPATAN RUANG TIDUR)


Ada beberapa pantangan dalam mengatur peletakkan ruang tidur di dalam sebuah rumah antara lain :

HINDARI PENEMPATAN RUANG TIDUR DI LANTAI ATAS YANG DI LANTAI DI BAWAHNYA TERDAPAT KOMPOR
Posisi tempat tidur lantai atas yang lantai di bawahnya terdapat kompor akan menyebabkan penghuni kamar mudah marah dan cepat tersinggung. Chi api dari kompor di bawah akan naik dan berkumpul di bawah tempat tidur. Hawa panas dari kompor akan naik sehingga ruangan di atasnya akan menjadi panas pula. Terlebih kompor juga mengeluarkan sisa-sisa pembakaran (CO2) yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

HINDARI PENEMPATAN RUANG TIDUR DI ATAS GARASI
Posisi ruang tidur di atas garasi tidak baik karena pemanasan mesin kendaraan bermotor di garasi akan menghasilkan gas karbon monoksida (CO) yang tidak sehat. Gas yang sangat berbahaya ini dikhawatirkan akan berpengaruh pada kesehatan penghuni ruang tidur tersebut. Ruang tidur di atas garasi memiliki pengaruh yang lebih buruk bila dibandingkan dengan ruang tidur di atas dapur. Hal ini disebabkan volume gas buangan yang dihasilkan kendaraan bermotor lebih banyak dibandingkan kompor.

JANGAN TEMPATKAN RUANG TIDUR DI BAWAH TANAH
Ruang tidur memang tidak boleh diletakkan di bawah tanah. Orang tidur membutuhkan udara segar untuk bernafas. Selain lembab, ruangan di bawah tanah ini sangat kurang sirkulasi udaranya sehingga tidak baik bila digunakan untuk tidur. Posisi bawah tanah ini juga menyimpan energi Yin.

Beberapa Tips untuk Ruang Tidur :
  • Pastikan kepala ranjang menempel pada dinding karena pada kondisi ini orang yang tidur merasa lebih terlindungi.
  • Berikan pencahayaan yang lembut dan redup pada ruang tidur. Cahaya yang terlalu terang membuat ruangan tidur menjadi panas.
  • Gunakan warna-warna yin gelap (hijau, biru, atau abu-abu) pada ruang tidur untuk member ketenangan.
  • Jangan letakkan televisi menghadap ranjang karena akan mengganggu kenyamanan saat tidur.  
·        
Sumber :
Wicaksono, Andie.2009.125 Tips Praktis Feng Shui Rumah Tinggal. Jakarta : Griya Kreasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar